Inspiration Words

"Beri aku seribu orang tua,niscaya akan aku cabut semeru dari akarnya.Beri aku satu anak muda,niscya akan aku guncangkan dunia"( Bung Karno )
                                                                          

Senin, 01 November 2010

Cinta Indonesia

Akhir-akhir ini,di tengah makin banyak nya bencana yang menimpa negeri ini,ada satu hal yang tak luput dari perhatian saya,yaitu makin solid nya rasa kebersamaan kita sebagai sesama anak negeri.Aksi solidaritas sebagai wujud kepedulian terhadap kemalangan yang menimpa para korban bencana bergema dimana-mana.Baik oleh mahasiswa,anak-anak sekolah,ibu-ibu rumah tangga dan lainnya.Kepedulian tersebut benar-benar membuat kita bangga sebagai anak bangsa.
Indonesia memang menjadi negara yang rawan bencana alam terutama gempa bumi dan gunung meletus.Hal tersebut dikarenakan posisi geografis Indonesia yang terletak didaerah yang di sebut Cincin Api Pasifik ( Ring Of Fire ).Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Daerah ini juga sering disebut sebagai sabuk gempa Pasifik.
Sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini. Daerah gempa berikutnya (5–6% dari seluruh gempa dan 17% dari gempa terbesar) adalah Sabuk Alpide yang membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika. Berikutnya adalah Mid Atlantic Radge.Hal ini membuat kita untuk harus selalu waspada terhadap kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi kapan pun.Gempa dan tsunami di Mentawai serta meletusnya gunung Merapi di Penghujung bulan Oktober 2010 lalu merupakan bukti bahwa kekuatan-kekuatan alam yang ada di bawah bumi kita ini dapat menebar bencana kapan saja.
Namun,terlepas dari apapun yang terjadi tersebut,ternyata semua nya yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa memang tidak ada yang sia-sia.Semua ada hikmahnya.Begitu juga dengan berbagai bencana yang datang.Setidak nya,dengan hadirnya bencana-bencana tersebut membuat kita sebagai sesama anak bangsa merapatkan kembali barisan yang selama ini barangkali telah tercerai berai akibat berbagai konflik dan kepentingan masing-masing.Bencana yang datang bertubi-tubi semoga membuat kita sadar betapa penting nya rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa maupun bernegara.Kita tanggalkan sejenak segala atribut yang selama ini memisahkan kita.Mari kita bahu membahu membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan kita.
Semoga dengan makin erat nya rasa persatuan,kebersamaan dan persaudaraan diantara kita,negeri ini bisa menjadi lebih baik,Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur...Amiiin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar